7 Fakta Sejarah Permainan Domino

7 Fakta Sejarah Permainan Domino, Board games apa yang sempat kamu permainkan saat kecil? Selainnya monopoli dan ular tangga, kemungkinan kamu sempat juga bermain domino. Satu set domino berisi sekitaran 28 ubin kecil berupa segi panjang dengan titik angka di atasnya.

Tidak boleh hanya dapat bermain! Kamu perlu ketahui fakta permainan domino. Kenali secara lengkap di sini!

1. Diperkirakan berasal dari Tiongkok

Sebetulnya, penemu dan tahun ditemukan domino masih simpang-siur. Merilis Pagat.com, sejarawan yakin jika pembuatnya ialah Keung T’ai Kung di era keduabelas SM.

Dan, catatan riwayat lain memperlihatkan jika penemunya ialah Hung Ming (181-234 M). Dia membuat permainan ini supaya prajuritnya selalu terlindungi pada malam hari di kamp untuk memantau lawan.

Ada juga yang menjelaskan jika permainan ini diketemukan di Tiongkok di tahun 1120 M dengan seorang negarawan. Selanjutnya, orang ini memberikan bermainnya ke Kaisar Hui Tsung lalu disebarkan ke luar negeri atas perintah kekaisaran.

2. Disebut sebagai pupai dan dijual selama masa pemerintahan Kaisar Xiaozong

Seorang pria namanya Zhou Mi menulis mengenai permainan paling tua yang dijumpai datang dari Tiongkok sepanjang Dinasti Yuan. Dia tuliskan dalam text yang dengan judul Former Moments in Wulin di antara tahun 1232 sampai 1298.

Dalam tulisan itu, dia menyebutkan ‘pupai’ (domino) dan dadu sebagai barang yang dipasarkan oleh penjual selama saat pemerintah Kaisar Xiaozong di antara tahun 1162-1189. Bukti yang lain ialah tulisan dengan judul Encyclopedia of a Myriad of Treasures yang dibikin oleh Zhang Pu.

Dia tuliskan jika permainan ini mengikutsertakan mengenai penempatan pupai atau kartu. Diterangkan jika permainan ini mempunyai 32 set kartu domino tradisionil, yang lain dengan 28 set dari Barat yang dibikin pada tengah era ke-18.

3. Kemungkinan, menyebar ke Eropa pada abad ke-14 (atau lebih)

Ubin domino terang sebagai peninggalan Tiongkok dan tak perlu dipermasalahkan kembali. Tapi, sejarawan masih silang opini berkenaan kapan domino masuk ke Eropa.

Mencuplik dari Pagat.com, domino diketemukan dengan beberapa puing Mary Rose pada awal era ke-16. Dan, menurut Michael Dummett (salah satunya penulis buku Games of Tarot), kartu domino pertama kalinya diperkenalkan di Italia pada era ke-18, persisnya di Venesia atau Napoli.

Selanjutnya, domino menebar dari Italia ke Prancis dan jadi trend di negara itu. Lantas, di akhir era ke-18, domino datang di Inggris (peluang melalui sandera perang Prancis) dan langsung jadi terkenal di pemondokan atau bar di saat itu.

4. Kata “domino” berasal dari bahasa Latin

Walau diketemukan di Tiongkok, kenyataannya nama permainan ini diambil dari bahasa Latin. Namanya diambil dari “dominus” yang memiliki arti tuan-rumah, diambil Pagat.com.

Dan, dengan bahasa Prancis, “domino” mempunyai makna tudung hitam dan putih yang dikenai oleh pendeta Kristen pada musim dingin. Diprediksi, kata ini diputuskan karena ubin domino yang original warna putih dengan titik hitam di atasnya.

5. Apa perbedaan domino di Tiongkok dan Eropa?

Meskipun ubinnya serupa dengan set domino tradisionil Eropa, ada ketidaksamaan menonjol pada domino Tiongkok. Merilis dari Uber Game, domino Tiongkok lebih pendek dari domino tradisionil Eropa.

Disamping itu, domino Tiongkok mempunyai pips (titik atau bintik) yang menjuru dalam dua warna berlainan. Dengan bahasa Kanton, permainan ini disebutkan gwāt pái yang maknanya ubin tulang.

Dan, domino Eropa berupa segi panjang yang panjangnya 2x lipat lebarnya. Mencuplik Latin Touch, set domino Sino-Eropa tradisionil terbagi dalam 28 kartu domino yang dapat dimainkan dengan beragam macam.

6. Dikatakan sebagai ‘keturunan’ dadu

Domino dan dadu sekilas terlihat serupa, walaupun yang satu seperti papan dan satunya seperti kubus. Rupanya, domino memang kerap dikatakan sebagai “turunan langsung” dari dadu bersisi enam.

Umur dadu  lebih tua dari domino. Merilis Awesome Dice, dadu paling tua yang sudah terverifikasi diketemukan di website penggalian di Turki 3000 SM. Dadu ini diketemukan terpendam bersama bidak permainan yang lain.

7. Kini, domino telah tersebar ke seluruh penjuru dunia

Beratus-ratus tahun sesudah dibuat, sekarang domino sudah menebar ke seluruh dunia. Merilis Uber Game, domino benar-benar terkenal di Spanyol, Karibia, dan negara Amerika Latin yang lain.

Bahkan juga, kompetisi domino kerap disiarkan di tv dan jadi gelaran untuk taruhan. Dan karena perkembangan tehnologi, kita dapat bermain domino lewat cara online sama orang asing di internet atau menantang artificial intelligence (AI).

Nach, itu 7 bukti riwayat mengenai permainan domino yang rupanya datang dari Tiongkok. Kamu pernah memainkan atau memang belum?

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *