Cara bermain domino

Cara bermain domino, Permainan gaple dimainkan dengan menggunakan kartu domino, Dimana 1 set kartu domino terdiri dari 28 kartu. Gaple umumnya dapat dimainkan sampai dengan 4 pemain yang berarti masing-masing pemain akan menerima 7 buah kartu domino.

Pemain secara berurutan membuang kartu dimeja, Pemain pertama yang kartunya habislah pemenangnya. Tetapi untuk membuang kartu juga tidak bisa sembarangan, Kamu harus memperhatikan nilai/titik pada kartu mu. Nilai pada salah satu sisi kartumu harus sama dengan salah satu kartu paling ujung yang berada dimeja.

Cara bermain domino

Dalam setiap set kartu domino yang umumnya dipergunakan untuk bermain gaple, Terdapat 28 buah kartu. Masing-masing kartu terdiri dari 2 bagian dengan bulat-bulatan dibagian atas dan bawah serta dipisahkan oleh sebuah garis halus. Yang beredar di indonesia padaumumnya adalah jenis kartu dengan bulatan berwarna merah.

Kartu gaple paling kecil bernilai 0, Dimana didalam kartu tersebut hanya terdapat garis lurus saja alias ada bulatan sama sekali. Nilai terbesar dari sebuah kartu gaple adalah 12, Dimana terdiri dari 6 bulatan masing-masing di bagian bawah kartu ini biasa disebut juga dengan julukan balak 6. Sebutan untuk kartu balik balak diberikan kepada kartu yang mempunyai bulatan sama diatas dan dibawahnya, 1/1,2/2/,3/3,4/4,5/5,6/6 itu lah jenis kartu balak yang terdapat dalam jenis kartu domino ini.

Cara bermain domino professional

Banyak pemain yang pada awalnya asal asalan dalam membuang kartu gaple, Asal ada angka yang cocok maka langsung di buang. Padahal hal tersebut sangat fatal dan dapat membuatmu yang semestinya dapat menenangkan permainan malah berbalik kalah. Jika kamu melawan pemain yang tidak mengetahui cara bermain gaple ini, Kami jamin kalau kamu dapat dengan mudah mengalahkan mereka.

Berikut cara bermain gaple secara professional yang terbukti ampun :

Amati kartu domino yang kamu miliki

Dalam awal permainan gaple, Setiap pemain akan dibagikan 7 buah kartu domino yang berbeda secara acak. Jika saat itu kamu mendapatkan sekitar 5 kartu dengan angka yang sama maka kamu mempunyai kesempatan menang yang tinggi. Contoh 5 kartu dengan salah satunya sisinya mempunyai angka 1 sebagai berikut (1|1),(1|2),(1|5) dan (1|6). Karena jika kamu mempunyai 5 kartu angka berangka 1 disalah satu sisinya, Kartu yang berangka 1 hanya tersisa 2 lagi.

Jadi ketika angka 1 keluar, Pemain lain akan cenderung melakukan pass karena kartu tersebut sebagian besar berada di tangan mu. Tetapi usahakan untuk tidak menutup kartu yang mempunyai angka tersebut dimeja dengan kartu kita sendiri. Sebaliknya jika kamu dapat menutup kartu dengan ujung berangka 1 maka langsunglah melakukannya. Usahakan untuk dapat membuang kartu dan hanya dapat melakukan pass.

Utamakan membuang Kartu besar/balak

Jika kartu yang kamu dapatkan tidak seperti contoh diatas atau kurang bagus maka prioritaskan untuk membuang kartu besar dan balak. Hal ini karena bila terjadi gaple maka kamu otomatis kalah jika masih memegang kartu besar.

Terutama jika kamu mempunyai balak 0,5 atau 6, Kamu wajib membuang kartu tersebut terlebih dahulu. Sebab selain memiliki nilai yang besar, Kartu balak juga akan sulit dibuang. Meski akan sulit untuk menenagkan permainan bila kartu mu kurang bagus, Tetapi kamu tetap mempunyai kesempatan pada gaple.

Jika kamu membuang semua kartu besar dan balek serta hanya mempunyai kartu kecil, Kesempatan untuk menenangkan permainan lebih besar. Karena seperti yang sudah ditulis pada cara main gaple diatas, Saat gaple pemain dengan angka kartu terkecil yang menang. Tetapi jika tidak memungkinkan untuk terjadinya gaple maka kamu harus teliti dalam memilih kartu untuk dibuang.

Bunuh Kartu Balak Lawan

Sudah dikatakan diatas kalau memegang kartu balak 0,5 dan 6 akan sangat beresiko. Jika kamu memegang kartu tersebut maka cepat cepatlah buang. Sedangkan bila kamu tidak memegangnya maka matikanlah kartu tersebut. Memastikan kartu berarti membuat kartu tersebut tidak bisa dibuang lagi, Sehingga akan terus dipegang sampai gaple. Karena jika balak 0,5 dan 6 mati maka pemain yang memegang kartu tersebut sudah akan otomatis kalah. Dengan menyingkirkan pesaing lain tentu akan membuat mu semakin mudah untuk menang.

Untuk membunuh kartu balak kamu harus menutup kartu yang ingin dibunuh. Contoh bila kamu ingin membunuh balak 5 maka usahakan agar kartu di meja tidak berujung 5. Atau kamu juga dapat langsung mentutup kartu yang berujung 5 dengna kartu lain. Hal ini agar pemain lain tidak memiliki kesempatan untuk mengeluarkan balak 5. Meski teknik bermain gaple yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan namun kamu tetap harus mencobanya. Sebab kartu balak 0, 5 dan 6 mempunyai dampak yang sangat besar diakhir permainan.

Alasan mengapa sulit untuk membunuh kartu lawan adalah karena untuk melakukannya harus ada kerja sama dengan pemain lain. Contoh bila kamu terus menutup angka 6 namun pemain lain membuang kartu yang berujung 6 maka usaha mu sia sia.

Perhatikan Kartu Yang Telah Dibuang

Ini adalah salah satu cara bermain gaple yang sangat penting jika kamu mau menang. Usahakan untuk terus memperhatikan kartu apa saja yang telah dibuang oleh pemain. Karena jika kamu mengetahui kartu apa saja yang telah dibuang, kamu dapat mengetahui kartu milik pemain lain.

Rumus untuk menghitung kartu gaple sebenarnya cukup mudah. Contohnya kamu memegang 4 kartu yang memiliki angka 2 dan sudah ada 3 kartu dengan angka 2 di meja. Jika kamu membuang kartu yang berujung angka 2 berarti semua pemain hanya dapat melakukan pass. Sebab kamu satu satunya pemain yang memegang kartu dengan angka 2. Dengan begitu kartu ditangan mu akan lebih cepat habis dibandingkan pesaing mu. Karena mereka tidak dapat membuang kartu apa apa dan hanya dapat menunggumu membuang kartu yang lain selain 2.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *